Polres Lamandau Bersama Kades dan Camat se-Kabupaten Lamandau Gelar FGD

0
227
Focus Group Discussion (FGD) bersama seluruh Camat dan Kepala Desa (Kades) se-kabupaten Lamandau, di aula Joglo Mapolres, Selasa (17/05/18)

LAMANDAU, Media-Bhayangkara.com

Polres Lamandau bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat dan TNI menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama seluruh Camat dan Kepala Desa (Kades) se-kabupaten Lamandau, bertempat di aula Joglo Mapolres, Kamis (17/05/18).

Kapolres Lamandau, AKBP. Andhika Kelana Wiratama mengatakan, bahwa salah satu tujuan dilaksanakannya FGD tersebut diantaranya adalah untuk optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).

“Tujuan pemerintah mengucurkan dana yang cukup besar untuk desa, tidak lain adalah untuk peningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” kata Andhika, di Nanga Bulik.

Andhika menambahkan, dalam pengelolaan keuangan desa harus benar-benar diawasi dan harus sesuai mekanisme.

“Kami (Polri) dalam hal ini ingin mengoptimalkan peran serta Bhabinkamtibmas dalam pengawasan dana desa supaya tidak terjadi penyelewengan, “sambungnya.

Dia juga berharap, supaya Kades dan Camat jangan merasa takut dengan kehadiran Polri (Bhabinkamtibmas) maupun TNI (Babinsa).

“Karena mereka sifatnya hanya melaksanakan tugas pengawasan sekaligus pendampingan saja, sehingga pengelolaan keuangan desa dapat benar-benar terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan pemerintah pusat, yakni pemerataan pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu juga optimalisasi peran serta Bhabinkamtibmas dalam pengawasan dana desa, FGD juga dimaksudkan sebagai satu langkah untuk mengantisipasi paham radikalisme dan terorisme di Kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini.

“Antisipasi sedini mungkin perlu kita lakukan, supaya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kabupaten Lamandau ini agar tetap terjaga dengan kondusif,” pungkas Andhika.

Penulis : maradona

Tinggalkan komentar