Polisi Pungli, Wakapolri : Kapoldanya Saya Copot !

0
220
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin saat menghadiri keluhan-keluhan para pengemudi truk kepada Presiden, Selasa (08/05)

JAKARTA, Media-Bhayangkara.com

Wakil Kapolri Komjen Polisi Syafruddin perintahkan kepada semua pihak untuk memvideokan polisi yang melakukan tindakan pungutan liar (pungli) kepada sopir truk di jalan.

‎”Para media silakan videokan para polisi yang ada di jalan melakukan pungli, ini perintah saya, saya langsung pecat, begitu ada videonya benar (lakukan pungli), kita pecat hari itu, telanjangin di‎a,” ujar Syafruddin di komplek Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Menurut jenderal bintang tiga ini tindakan yang tegas yakni pemecatan sangat pantas diberikan kepada polisi yang melakukan pungli, karena remunerasi yang diterima anggota polisi sekarang sudah besar, melebihi gaji setiap bulannya.

“‎Sudah cukup negara memberikan kepada mereka, tidak kurang lagi sekarang, biaya operasionalnya besar sekali sekarang,” paparnya.

BACA JUGAPresiden Tindaklanjuti Keluhan Pengemudi Truk Tentang Pungli

Tindakan pencopotan akibat pungli, kata Syafruddin, tidak hanya diberikan kepada polisi yang ada dijalan saja, tetapi bisa juga sampai tingkatan Kapoldanya.

‎”Kapoldanya kita copot, saya enggak main-main. Saya kan pernah ngomong, Kapolda akan kita periksa dan copot, Kapolda Sulteng kita copot gara-gara pembersihan apa itu, kasus di Banggai,” paparnya.

Dirinya pun mempersilakan kepada pengungkap pungli dari polisi, untuk melaporkannya secara langsung‎ dan tidak perlu takut.

‎”Langsung ke saya saja (lapor), tapi harus benar, kalau enggak kita proses juga dia, kalau mau nyari-nyari,” ucapnya.

Sepanjang 2017, Wakapolri mendapat laporan dari Saber Pungli, sudah melakukan tindakan pemecatan dan sanksi lainnya kepada 1.800 oknum ‎yang melakukan pungli kepada sopir truk.

(D.M/M-B)

Tinggalkan komentar