Peduli Insan Jurnalis, Polres Malang Resmikan Media Center

0
409
Pengguntingan Pita oleh Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi dalam acara Peresmian Media Center, Sabtu (14/04)

MALANG, Media-Bhayangkara.com

Semakin Anda peduli, semakin Anda menjadi kuat, ungkapan yang pas kepada Polres Malang dibawah pimpinan AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIk,MSi dalam melaksankan hal positif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana pada hari Sabtu, (14/04) teah meresmikan gedung/kantor Malang Media Center yang diikuti oleh insan jurnalis media massa, elektronik sekitar 50 orang.

Sambutan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIk, MSi

Hal ini tentu sangat membantu baiknya moral dan intelektual manusia, dalam sebuah persahabatan dengan orang-orang yang berbeda dengan dirinya, dimana ia harus menunjukkan siapa dirinya lewat kemampuannya yang positif membangun bangsa dan negeri ,mengingat Fenomena hoax atau informasi palsu merupakan efek samping dari kemajuan teknologi informasi saat ini, ujar AKBP Yade kepada media ini.

Lebih lanjut dalam kegiatan tersebut, tampak antusias para jurnalis menyambut baik terobosan yang dilakukan polres malang yang peduli terhadap insan media. Salah satunya Ariful Huda selaku Ketua PWI Malang mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Polres Malang, pengalaman saya selama 17 (tujuh belas) tahun berkeliaran di Polres Malang belum menemukan tempat yang bagus seperti ini, ujar Ariful. Sebuah langkah baru kerja sama antara para jurnalis dan pihak polres malang untuk mendorong pemberitaan dalam menciptakan kamtibmas di wilayah Polres Malang. Semoga Profesi jurnalis tetap menjaga independensi seperti yang diamanatkan oleh UU Pers NO 40 tahun 1999 semoga Media center ini dapat bermanfaat bagi semua, sebut Ariful.

Dilanjutkan dari Ketua AJI Malang Hari Istiawan menyambut baik adanya media center dimana tidak bisa mengurangi idependen jurnalis dan adanya media center sebagai wadah ruang diskusi dan memberi kritik yang membangun untuk Polres Malang dalam mencerdaskan masyarakat, apabila berita tidak seimbang tentunya berakibat kamtibmas yang perlu kehadiran Polisi, pungkasnya.

Edi Cahyono selaku Ketua IJTI Korda Malang Raya banggaterhadap jurnalis dan Polres malang yang telah memberi ruang dan kesempatan kepada insan jurnalis dalam membangun sinergitas terhadap teman-teman media dan pihak Polres Malang serta menjadi tempat tukar pikiran dan silaturahmi, ujarnya.

Aman Rochman dari Pewarta Foto Indonesia/PFI) mengapresiasi media center yang diresmikan Polres Malang, Semoga dengan adanya tempat khusus para Jurnalis ini bisa menambah sinergisitas dengan Polres Malang dalam melaksanakan tugas. Terkait berita Hoax yang tenagh marak sebaiknya para Jurnalis tidak meninggalkan Kode etik Jurnalis dengan selalu tabayun dan cross cek kebenarannya, ungkap Aman Rochman.

Menyikapi antusias jurnalis, Waka Polres Malang Kompol Deky Hermasyah, SH. MH mengatakan bahwa Media center ini bisa digunakan sebagai tempat wadah silaturrohmi tukar pikiran dengan tidak mengurangi idependensi profesi dan kode etik Jurnalis. Silahkan kantor/ruang media center ini digunakan semaksimal mungkin, Polri jaman dulu berbeda dengan jaman Now yang harus bergandengan dengan para profesi jurnalis, ujar Kompol Deky.

Lebih lanjut, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung SH SIK menyampaikan dengan adanya Ruang Media Center ini silahkan rekan-rekan media menggunakan sebagaimana mestinya, bisa bermanfaat dan barokah. “Jalinlah kekompakan sesama organisasi profesi Jurnalis, sekarang jaman sudah berubah semua mengunakan digital sehingga sesama antar profesi Jurnalis harus saling tukar menukar berita/konten, dan cari persamaan dan jangan cari perbedaan sehingga profesi jurnalis Malang semakin maju sebagai kontrol untuk masyarakat, ujar AKBP Yade mengakhiri.

Dalam kegiatan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi yang didampingi Kompol Deky Hermasyah, SH. MH (Waka Polres Malang), Kompol Sunardi Riyono, SH (Kabagops Polres Malang), AKP Imam Solikin, SH (Kasat Intelkam Polres Malang), AKP Moh. Lutfi (Kasat Sabhara Polres Malang), AKP Farid Fathoni (Kasubag Humas Polres Malang), Para PJU dan Kapolsek Jajaran Res Malang, Moch. Geng Wahyudi, SH. M.Hum (Pembina Jurnalis Malang), Priyo Sudibyo (Ketua MPC PP Kab Malang), Mbah Gofurr (Tokoh Malang)

Turut hadir Komunitas Profesi PERS Abdullah (TV one), Saif Hajarani (MNC), Hari Istiawan (Ketua AJI), Fajar Akastya (Metro TV), Ali Afifi (Radar Malang), Agung Prio (Malamg Pos), Khoirul Anwar (JTV), Aman Rahman (Ageni Franc Pers), Fino K (Malang Pos), Yona Ariyanto (Gajahyana TV), Antika Hapsari (Jawa Pos. Com), Abdul Malik (CNN Indonesia), Moch Tiawan (Kompas TV), Edi Cahyono (Ketua IJTI/TVone), Yatimul Ainun (TimeIndonesia), Indro Sumardiko (Ketua IJTI Penda Jatim), Agung Baskoro (RTV), Huda Prastoto (ATV), Ariful Huda (Ketua PWI Malang Raya), Santoso (Memo X), Yulia Sukisna (MalangTV), dan Suyono (Memo X)

Selanjutnya Pengguntingan pita dipimpin oleh Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi dan potong tumpeng yang didampingi oleh para Ketua Organisasi Jurnalis dan Pembina Jurnalis Malang yang diikuti dengan Pembacaan Doa oleh Kompol Sunardi Riyono SH dilanjutkan dengan Ramah tamah dan Deklarasi lintas profesi jurnalis bersama Polres Malang “mendukung pemilihan gubernur dan wagub Jatim 2018 berlangsung sejuk, aman dan bermartabat”.

(Manroe/M-B)

Tinggalkan komentar