Tetap Solid Dalam Donor Darah di Hari Jadi Kabupaten Kediri

0
200

KEDIRI, Media-Bhayangkara.com

Masih terkait rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Kediri ke-1213, Pemda Kabupaten Kediri bersama PMI Kabupaten Kediri serta Kodim 0809/Kediri, Brigif 16/WY, Yonif 521/DY, Polres Kediri dan Dinas Pemda se-Kabupaten Kediri, turut berpartisipasi dalam bakti sosial donor darah yang dilangsungkan di areal kantor Pemda Kabupaten Kediri, selasa (10/04/2018)

“Setiap ada kegiatan donor selalu tampil dengan anggotanya yang sudah terlatih dan terpercaya dengan pelayanan yang cepat, tepat dan selalu ramah. Sebetulnya kegiatan sosial ini bukan barang baru lagi, kami juga sering diundang oleh komunitas-komunitas peduli keselamatan orang lain untuk melakukan pengambilan darah tiap kali ada kegiatan seperti ini,” jelas Kepala PMI Kediri dr.Arini Setiani

Lanjutnya, dengan melakukan donor darah, kita memberikan sedikit darah dari dalam tubuh, agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain. Setelah diperiksa dan diuji keamanan serta kelayakan darah tersebut, kemudian akan diberikan kepada pasien yang membutuhkan.

“Bagi mereka yang membutuhkan, mendapatkan donor darah bisa menyelamatkan nyawa mereka. Ada beberapa kondisi yang membutuhkan donor darah seperti kecelakaan, transpalasi organ atau memiliki penyakit,” sambungnya.

Menurutnya, donor darah tidak hanya memberikan manfaat kepada penerima darah, tetapi juga kepada para pemberinya. Manfaat donor darah yang bisa dirasakan jika kita menyumbangkan darah yaitu menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar, bisa juga untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

“Setelah donor darah selesai dilakukan, darah akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani tes yang berbeda. Jika ada yang salah dengan darah yang didonorkan, pasti akan segera diberitahu,” pungkasnya.

(Manroe/M-B)

Tinggalkan komentar