Untuk Membangun Indonesia Menuju 2045, Ini yang Dikatakan Sri Mulyani!

0
133
Sri Mulyani memberikan kuliah umum dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro di Semarang, Jawa Tengah, Senin, (09/04)

SEMARANG, Media-Bhayangkara.com

Sri Mulyani memberikan kuliah umum dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro di Semarang, Jawa Tengah, Senin, (09/04)

Dalam kuliah umumnya, Sri Mulyani membeberkan pada tahun 2045 Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke 100. Pada saat itu Indonesia akan memiliki 309 juta jiwa dan apabila Indonesia mampu menjaga tren pertumbuhan ekonomi, maka Indonesia akan menjadi negara dengan PDB terbesar ke-5 di dunia, ujar Sri Mulyani.

Kita menjadi negara yang akan mempengaruhi dunia lain, maka perlu membangun fondasi ekonomi tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk dunia. Itu merupakan tanggung jawab kita, paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa saat ini terdapat 143 juta orang di Indonesia yang sudah terhubung dengan internet,Kalangan ini yang telah memanfaatkan berbagai macam ecommerce seperti Gojek, Tokopedia, ataupun ruang guru.

Indonesia memiliki potensi untuk menggunakan teknologi yang baru muncul sebagai platform untuk mengembangkan kreativitas dan kegiatan ekonomi. Namun Indonesia perlu bekerja lebih banyak lagi, ujar Sri Mulyani.

Disamping itu, dengan bermodalkan pondasi yang baik berupa manusia, Indonesia yang akan mencapai 250-300 juta, serta teknologi yang ada, kita membutuhkan empat hal untuk menuju Indonesia 2045, Pertama yaitu manusianya melalui pendidikan, kesehatan, karakter, value, integritas dan agama. Kedua kualitas dari infrastruktur, Ketiga, kualitas kelembagaan dan keempat, kebijakan pemerintah, ujar Menteri Keuangan.

“Untuk membangun Indonesia menuju 2045, yang tidak bisa digantikan oleh teknologi adalah pemikiran kritis dan rasa empati”, pungkasnya.

Dalam pensannya, Sri Mulyani mengatakan kepada para mahasiswa untuk belajar dengan detil agar tidak mudah terbawa arus informasi. Pelajari ilmu ekonomi sampai ke detail yang kecil. Tanpa memperhatikan hal yang detil sulit untuk mencapai kesempurnaan.

Kepada para Civitas Akademika UNDIP, Sri Mulyani menyampaikan agar mampu menjadi lembaga yang kredibel dan berkualitas sehingga menjadi pemberi solusi dan pembangun pondasi untuk menyiapkan manusia Indonesia yang tangguh dan cerdas, pungkasnya.

(Manroe/M-B)

Tinggalkan komentar