Pabrik Pembuatan Miras Digrebek Polres Malang

0
169
Press release hasil ungkap Penggerebekan Pabrik pembuatan Miras oleh Polres Malang, Sabtu (03/04)

MALANG, Media-Bhayangkara.com

Berdasar laporan yang diterima dari masyarakat tentang adanya tempat produksi atau pembuatan minuman keras jenis arak/trobas, Polres Malang dibawah pucuk Pimpinan AKBP yade Setiawan Ujung, SH, SIk, MSi beserta jajaranya bergerak cepat dibawah Sat Reskrim Polres Malang langsung melakukan penggrebekan di Kebun Kopi yang terletak di Dusun Sumberpelus RT 01 / RW 01 desa Sindurejo kec. Gedangan Kab. Malang, Sabtu (03/04).

Dari hasil penggrebekan yang dilakukan jajaran Polres Malang, diamnakan berupa barang bukti sebanyak 45 (empat puluh lima) drum plastuk yang berisi fermentasi bahan pembuatan miras jenis arak/trobos, 1( satu) buah mesin pengolah tepung/penghancur ragi, 1 (satu) buah dandang/alat masak, 2 (dua) buah tabung gas elpiji 3 kg beserta regulator dan 2 (dua) karung kecil gula dengan jumlah 8 (delapan) kg.

Berdasarkan press release yang disampaikan Sat Reskrim Polres Malang, Pelaku diduga melakukan produksi atau pembuatan minuman keras jenis arak/trobas dengan menggunakan bahan dari ketan hitam yang kemudian dicampur dengan ragi dan ditimbun selama beberapa hari sehingga bahan tersebut mengandung alkohol lalu dipanaskan atau dilakukan penyulingan dan hasil penyulingan dijual oleh pemilik usaha, ungkapnya.

Dari hasil penggerebekan yang dilakukan, tersangka dengan inisial S tidak berada di tempat dan masih dalam pencarian, kita masih melakukan lidik terhadap pelaku, pungkasnya.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 204 ayat 1 KUHP dan atau pasal 62 Jo Pasal 8 ayat 1 Huruf A UU No. 08 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, pasal 140 Sub Pasal 142 UU RI NO 18 Tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 15 (lima belas) tahun penjara.

(Manroe/M-B)

Tinggalkan komentar