Dukung Promoter, Polsek Sawah Besar Launching Aplikasi Polisi RW

0
241
Launching Aplikasi Polisi RW di Mall Metro Pasar Baru Sawah Besar Jakarta Pusat, Rabu (28/03)

JAKARTA, Media-Bhayangkara.com

Teknologi Informasi adalah sarana atau prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, dan penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna. Teknologi informasi juga dapat dikatakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi Informasi telah berkembang sangat jauh dan telah merevolusi cara hidup kita, baik terhadap cara berkomunikasi, cara belajar, cara bekerja, cara berbisnis, dan lain sebagainya. Era informasi memberikan ruang lingkup yang sangat besar untuk mengorganisasikan segala kegiatan melalui cara baru, inovatif, instan, transparan, akurat, tepat waktu, lebih baik, memberikan kenyamanan yang lebih dalam mengelola dan menikmati kehidupan.

Fungsi kepolisian sebagaimana diatur dalam pasal 2 Undang – undang No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berbunyi : “Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat”. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tugas dan wewenang kepolisian begitu luas dan langsung bersentuhan dengan masyarakat karena definisi dari kata pelayan itu sendiri dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, pelayanan adalah menolong menyediakan segala apa yang diperlukan orang lain seperti tamu atau pembeli.

Berdasrkan hal tersebut diatas, jajaran Kepolisian Resort Metro Jakarta Pusat yang diadopis Polsek Metro Sawah Besar mengembangkan Program Polisi RW berbasis teknoligi/IT yang di launching di Mall Metro Pasar Baru Sawah Besar Jakarta Pusat, Rabu (28/03/2018)

Pada kesempatan ini, Kapolsek Sawah Besar Komisaris Polisi Eka Baasith,S.ik, Msi memaparkan lebih lanjut dimana tujuan Aplikasi Program Polisi RW ini untuk membantu tugas kepolisian serta mengajak peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan di wilayahnya.mendeteksi secara dini tersmasuk memecahkan segala masalah yang ada di wilayah pemukimannya dan mengikuti program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa, ujar Kompol Eka.

perlu kita ketahui bersama, Kebijakan yang ditetapkan oleh Kapolri ialah dengan mencanangkan program PROMOTER yaitu polisi profesional, modern, dan terpercaya. Profesional dicapai dengan meningkatkan kompetensi SDM Polri menjadi semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan dan dapat diukur keberhasilannya. Modern yang dimaksud adalah dengan melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat. Terpercaya dicapai melalui reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Tiga program unggulan yang dicanangkan oleh Kapolri ini diwujudkan melalui sebelas agenda prioritas, yaitu:

1. Pemantapan reformasi internal di kepolisian

2. Peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi.

3. Penanganan kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi yang lebih optimal

4. Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan.

5. Peningkatan kesejahteraan Personel Polri.

6. Penataan kelembagaan dan pemenuhan proporsionalitas anggaran serta kebutuhan minimal sarpras.

7. Penguatan harkamtibmas.

8. Membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

9. Penegakkan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan.

10. Penguatan pengawasan.

11. Quick Wins Polri.

Lebih lanjut Kabagren Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Rustamaji, SH menyampaikan, Pada saat inilah terknologi yang diciptakan untuk mempermudah dan memperbaiki kualitas kehidupan manusia menunjukkan peran pentingnya. Karena pada dasarnya mayoritas bentuk pelayanan kepolisian adalah hal-hal yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, dan penyediaan berbagai data, deteksi dini beserta kecepatan reaksi terhadap kejadian menonjol di masyarakat, maka jelas terlihat bahwa terknologi informasi sudah harus mampu memperkuat pelayanan kepolisian.

Pelayanan Polri berbasiskan TI bertumpu pada tiga nilai pokok: kecepatan, penyelesaian, dan kepuasan. Untuk mendapakatkan kepercayaan masyarakat dan profesionalisme kinerja Polri yang terukur dari kepuasan masyarakat tehadap kinerja Polri, ujar AKBP Rustamaji mengakhiri.

(D.Manurung)

Tinggalkan komentar