Aksi Heroik “CASY”, Anjing K9 Unit Satwa Ditsabhara Polda Jabar Temukan Korban Longsor

0
317
Anjing K9 Unit Satwa Ditsabhara Polda Jabar Temukan Korban Longsor Sindangkerta, Jumat (09/03)

BANDUNG, Media-Bhayangkara.com

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa telah terjadi bencana tanah longsor di Kampung Bonjot RT 3 RW 11, Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta, Senin (5/3/2018) pukul 06.00 WIB, yang mengakibatkan korban jiwa seorang warga, Puja, 14 tahun, yang ditemukan sesaat setelah terjadinya longsor dalam keadaan meninggal dunia dan satu korban lainnya yaitu Damah, 40 tahun, yang masih dalam pencarian sampai dengan hari ke-4 operasi. Hubungan kedua korban tanah longsor merupakan ibu dan anak.

Pada operasi pencarian dan penyelamatan oleh Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim SAR Seksi Pammat Subdit Gasum Ditsabhara Polda Jabar, Unit Satwa K9 Ditsabhara Polda Jabar, Basarnas, BPBD, unsur TNI dan relawan pada hari ke-5, Jumat (9/3/18) pukul 08.15 wib, Damah (40) korban longsor yang terjadi di Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat akhirnya berhasil ditemukan tak jauh dari jasad anaknya, Puja (14), tepat didekat kediamannya di Desa Buninagara Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat tersebut. Ia ditemukan pagi ini, Jumat (9/3/2018) pukul 08.15 WIB dalam kondisi meninggal dunia.

Sebelum Tim SAR berhasil menemukan dan mengevakuasi korban terakhir yang tertimbun tanah longsor tersebut, satwa anjing K9 yang bernama “CASY”, yang diturunkan bersama dengan satwa anjing K9 lainnya yang bernama Mr EX sempat berjibaku di lokasi pencarian yang masih rentan terjadi longsor susulan. Lebih kurang 15 menit setelah dimulainya operasi pencarian di hari ke-5 tersebut, satwa anjing K9 atas nama CASY berhasil mengendus dan memberi tanda pada titik yang diduga merupakan letak keberadaan korban yg tertimbun longsoran. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan pencarian oleh Tim SAR gabungan dengan menggunakan alat yang ada untuk menggali longsoran tanah, mengingat alat berat tidak dapat masuk ke lokasi pencarian secara optimal.

Selanjutnya korban dengan menggunakan ambulance langsung dibawa ke rumah duka. Rencananya Damah akan langsung dimakamkan hari ini, Jumat (9/3/18). Dengan ditemukannya korban terakhir tersebut, operasi pencarian dan penyelamatan dinyatakan selesai pada hari ini, Jumat (9/3/18).

Ditemui di tempat terpisah, Dirsabhara Polda Jabar, Kombes Pol M. Aris, SH, SIK, MSi menyampaikan, “Benar, sehari setelah terjadinya longsor di Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat, telah saya perintahkan Tim SAR Seksi Pammat Subdit Gasum dan Unit Satwa K9 Ditsabhara Polda Jabar untuk segera bergabung dengan Tim SAR lainnya dalam melakukan operasi penyelamatan maupun pencarian korban longsor yang belum diketemukan.”

“Alhamdulillah satwa anjing K9 atas nama “CASY” dengan kualifikasi SAR (Ras Golden Retriever) yang kita turunkan dalam operasi pencarian korban dengan pawang Bripda Ginanjar dan Bripda Budi Hermawan, berhasil mengendus titik keberadaan korban yang tertimbun longsoran pada hari ke 5,” pungkasnya.

“Sudah beberapa kali satwa anjing K9 unit Satwa Ditsabhara Polda Jabar berhasil memberikan dukungan positif terhadap bantuan SAR yang dilaksanakan selama ini di lokasi bencana, khususnya dalam pencarian korban,” tambah Dirsabhara Polda Jabar, Kombes Pol M Aris, SH, SIK, MSi.

Publish: D.Manroe

Tinggalkan komentar