AKBP Yade S Ujung : Selamat Hari Pers Nasional, PERS Cerdas Bangsa Kuat

0
404
KApolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujungm SH, SIk, MSi (foto Istimewa)

Advetorial, Media-Bhayangkara.com

Di era digital sekarang ini, dunia pers harus terus bertranformasi, terutama setelah internet menjamah peradaban manusia. Karya jurnalistik tak hanya bisa dibaca lewat surat kabar atau media cetak lainnya, tapi juga bisa dibaca melalui perangkat elektronik canggih yang sekarang ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

Tanggal 9 Februari adalah Hari Pers Nasional. Penetapan untuk memutuskan tanggal 9 Februari itu sebagai Hari Pers Nasional, didasarkan pada Keputusan Presiden No. 5 tahun 1985, di mana dalam konsideransnya disebutkan “bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila”.

Penetapan Hari Pers Nasional tersebut tidak terlepas dari fakta sejarah perjuangan pers terutama para wartawannya di masa lalu, yang memainkan peranan penting bersama komponen pejuang bangsa lainnya dalam melawan penjajahan atau kolonialisme Belanda dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia serta pelaksanaan pembangunan bangsa sebagai pengamalan Pancasila, baik di masa lalu maupun di masa mendatang.

Pers adalah kegiatan yang berhubungan dengan media dan masyarakat luas. Kegiatan tersebut mengacu pada kegiatan jurnalistik yang sifatnya mencari, menggali, mengumpulkan, mengolah materi, dan menerbitkan serta menyampaikannya berdasarkan sumber-sumber yang terpercaya kepada masyarakat umum. Pers layaknya sebuah jembatan, jembatan informasi dari narasumber yang kemudian bisa tersampaikan kepada masyarakat luas. Sehingga pers memiliki pengaruh besar dalam kehidupan bermasyarakat.

Segenap jajaran Mapolres Malang dibawah Pimpinan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, Msi mengucakan “Selamat Hari PERS Nasional” Semoga terus bebas namun tetap bertanggung jawab. Salam!”.

Tinggalkan komentar